PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MALAKA TIMUR

Bin, Nofriana Imelda (2024) PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MALAKA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (497kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (315kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang aktivitas siswa, tanggapan siswa dan hasil tes siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah aktivitas siswa menggunakan lembar observasi, tanggapan siswa menggunakan lembar angket, dan hasil tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah pada aktivitas siswa dilakukan dengan cara mengolah data hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran, tanggapan siswa dilakukan dengan cara mengolah data hasil tanggapan siswa terhadap pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan media gambar yang dikumpulkan melalui lembar angket, dan hasil belajar siswa, penganalisisan data dilakukan dengan cara menghitung nilai ketuntasan siswa berdasarkan hasil tes siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Aktivitas siswa terhadap penggunaan media gambar pada pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malaka Timur memperoleh presentase sebesar 85,7% sehingga dikategorikan sangat baik. 2) Tanggapan siswa dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan media gambar. Hal ini dapat dilihat dari lembar angket dan memperoleh presentase sebesar 82%, sehingga dikategorikan sangat baik. 3) Hasil tes siswa dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan media gambar dengan jumlah siswa 20, sehingga hasil tes siswa memperoleh presentase 84,5% dengan kategori sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan media gambar dapat menarik minat dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teks Deskripsi, Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 07 May 2024 01:14
Last Modified: 07 May 2024 01:14
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item