PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI NEONBAT

Elu, Fransiska Ermelinda (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI NEONBAT. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (544kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

INTISARI Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui pengembangkan media pembelajaran booklet pada materi sistem pencernaan pada manusia kelas VIII di SMPN Neonbat 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran booklet pada materi sistem pencernaan pada manusia kelas VIII di SMPN Neonbat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan / Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan atau Research and Development adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggung jawabkan. Langkah - langkah dalam penelitian ini meliputi 2 tahap yaitu tahap I tahap studi pendahuluan dan tahap II tahap pengembangan model. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah berupa angket. Tujuan dari penggunaan angket yaitu untuk mengetahui kelayakan dari produk yang dikembangkan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 1 validator ahli media dan 1 validator ahli materi. Media pembelajaran booklet juga akan diuji coba kepada 3 orang guru IPA, uji coba individu yang terdiri dari 5 orang siswa dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 24 orang siswa kelas VIII SMP Negeri Neonbat. Media pembelajaran booklet yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dengan persentase dari ahli media 79,68% dengan kategori (layak), hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase 98,52% dengan kategori (sangat baik), hasil uji coba kepada guru IPA 72,72% dengan kategori (layak). Hasil uji coba individu memperoleh persentase 89,33% dengan kategori (sangat baik). Hasil uji coba kepada kelompok kecil memperoleh persentase 91,04% dengan kategori (sangat baik). Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran booklet yang dihasilkan memenuhi kualifikasi valid dan layak digunkan sebagai bahan ajar dalam menunjang proses belajar mengajar pada materi sistem pencernaan pada manusia kelas VIII SMP Negeri Neonbat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media pembelajaran booklet dan sistem pencernaan pada manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 05 Jun 2024 00:38
Last Modified: 05 Jun 2024 00:38
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item View Item