PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN KEFAMENANU

Uskono, Yunitha Centriana (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN KEFAMENANU. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (421kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengembangan media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Pola Bilangan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menghasilkan Video Pembelajaran Dengan Model Discovery Learning Materi Pola Bilangan Siswa SMP Kristen Kefamenanu Yang Valid, Praktis Dan Efektif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development R&D dengan menggunakan metodologi ADDIE. Subjek Dalam Penelitian Ini Adalah 25 peserta didik kelas VIII SMP Kristen Kefamenanu. Instrument yang digunakan adalah Lembar Validasi Media, Lembar Angket, Lembar Observasi Dan Soal Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran berbasis video memenuhi kriteria kevalidan, dengan nilai Rata-rata 85,98% dengan kategori sangat valid. Hasil angket danl Lembar Observasi untuk tingkat praktibilitas menunjukkan skor Rata-rata 86,48% dengan kategori Sangat Praktis. Sedangkan hasil belajar pada aspek keefektifan memenuhi kriteri efektif dengan persentase ketuntasan belajar Rata-rata pada Pre-Test 53,2 dan pada Post-Test 85,88 dengan kategori Sangat Baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video memenuhi Kriteria Valid, Praktis Dan Efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran berbasis video, Discovery Learning, Pola Bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 20 May 2024 00:56
Last Modified: 20 May 2024 00:56
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item