PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA KELAS X IPA SMAS PELITA KARYA

Maak, Yohanis Doki (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA KELAS X IPA SMAS PELITA KARYA. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (929kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V + LAMPIRAN)
BAB V + LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kendala yang masih sering terjadi pada siswa kelas X IPA SMAS Pelita Karya saat proses pembelajaran yaitu sumber belajar yang digunakan belum sepenuhnya mendukung kebutuhan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, dikarenakan sumber belajar yang digunakan belum sepenuhnya dapat menarik perhatian para siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Selain itu juga keterbatasan fasilitas laboratorium di sekolah berupa mikroskop elektron transmisi yang digunakan untuk mengamati virus belum tersedia sehingga siswa belum bisa mengamati virus secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar berupa multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi virus, dan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi virus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D), akan tetapi pada proses penelitian ini hanya sampai pada uji kelayakan oleh para ahli dan tidak sampai pada tahap uji coba pada siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah hasil validasi yang diperoleh dari 2 orang ahli media, 1 orang ahli materi, dan 2 orang ahli kelayakan media pembelajaran Biologi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan skala lima menurut sukardjo (2012). Hasil validasi dari ahli media yang pertama diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,56 dengan kategori “Sangat Layak”, hasil evaluasi dari ahli media yang ke 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,56 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 4,33 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi dari ahli kelayakan media pembelajaran Biologi yang pertama diperoleh rata-rata sebesar 4,00 dengan kategori “Layak”, untuk hasil evaluasi dari ahli kelayakan media pembelajaran Biologi yang ke 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,70 dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli kelayakan media pembelajaran Biologi dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi virus dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dan layak untuk digunakan oleh siswa kelas X IPA SMAS Pelita Karya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Articulate Storyline, Multimedia Interaktif, Virus, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 20 May 2024 00:56
Last Modified: 20 May 2024 00:56
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/885

Actions (login required)

View Item View Item