PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP KRISTEN KEFAMENANU

Seran, Gratiana Maria (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP KRISTEN KEFAMENANU. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (662kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan menulis teks narasi dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VII SMP Kristen Kefamenanu. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pembelajaran. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas VII SMP Petra Kefamenanu berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I nilai ratarata adalah 57,16, siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 19 orang dari 25 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 24% dan persentase ketidaktuntasan 76%. Sedangkan nilai rata-rata siswa dari siklus II adalah 81,48dari 25 siswa semuanya tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II sebesar 24,32dan kenaikan presentase ketuntasan sebesar 76%.Dengan demikian, pendekatan kontekstual dapat diterapkan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Dalam penerapannya, guru perlu menciptakan situasi yang menyenangkan dan lebih menguasai kelas dengan cara selalu berinteraksi dengan siswa melalui tanya jawab, melakukan proses belajar mengajar yang lebih nyaman dan tidak menoton dan berinteraksi dengan siswa tersebut dengan cara memberikan pertanyaan kepadanya sehingga pada akhirnya mereka akan mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis, teks narasi, kontekstual
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:05
Last Modified: 21 Feb 2024 04:05
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/599

Actions (login required)

View Item View Item