PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS INFORMASI, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Timor Yang Berbelanja Secara Online di Situs Lazada)

Bria, Matilda Marlinda (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS INFORMASI, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Timor Yang Berbelanja Secara Online di Situs Lazada). Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (777kB)
[img] Text (BAB II)
BAB ll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (811kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (662kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampirann.pdf

Download (2MB)

Abstract

MATILDA MARLINDA BRIA : “Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasisi, dan Persepsi risiko Terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unimor Yang Berbelanja Secara Online di Situs Lazada)”di bawah Bimbingan Bapak Dr. Maximus L. Taolin, SE.,M.Sc selaku Pembimbing I dan Bapak Aquidowaris Manek, SE.,MS selaku pembimbing II.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan (X1) terhadap keputusan pembelian mahasiswa/i fakultas ekonomi dan bisnis unimor yang berbelanja secara online di situs lazada (Y). (2) Untuk mengetahui kualitas informasi (X2) terhadap keputusan pembelian mahasiswa/i fakultas ekonomi dan bisnis unimor yang berbelanja secara online di situs lazada(Y). (3)Untuk mengetahui persepsi risiko (X3) terhadap keputusan pembelian mahasiswa/i fakultas ekonomi dan bisnis unimor yang berbelanja secara online di situs lazada(Y). (4) Untuk mengetahui apakah kepercayaan (X1), kualitas informasisi (X2), persepsi resiko (x3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa/i fakultas ekonomi dan bisnis unimor yang berbelanja secara online di situs lazada (Y).. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Variabel yang digunakan terdiri dari: Kepercayaan (X1), Kualitas Informasi (X2), Persepsi Risiko (X3) dan Keputusan Pembelian (Y). Seluruh variabel diukur dengan skala liker. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Berdasarkan data primer dilakukan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 75 orang responden.Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda.Hasil analisis regresi sederhana yang menunjukkan pengaruh kepercayaan (X1) keputusan pembelian (Y) Berdasarkan nilai t-hitung yang diperoleh sebesar 13.531. Dengan demikian maka nilai t-hitung > dari nilai t-tabel dimana 13.531>1.666 maka ada hubungan signifikan antara variabel kepercayaan (X1) terhadap variabel keputusan pembelian (Y), serta hasil koefisien determinasi (R²) diperoleh nilai sebesar 0,715 artinya bahwa besarnya variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variabel kepercayaan (X1) sebesar 71,5% dan sisanya sebesar 28,5% dipengaruhi oleh variabel X lainnya. Hasil analisis regresi sederhana yang menunjukkan pengaruh kualitas informasi (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) Berdasarkan nilai t-hitung yang diperoleh sebesar 17.483. Dengan demikian maka nilai t-hitung > dari nilai t-tabel dimana 17.483 >1.666 maka ada hubungan signifikan antara variabel kualitas informasi (X2) terhadap variabel keputusan pembelian (Y), serta hasil analisis koefisien determinasi (R²) diperoleh nilai sebesar 0,807artinya bahwa besarnya variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variabel kualitas informasi (X2) sebesar 80,7%dan sisanya sebesar 19,3% dipengaruhi oleh variabel X lainnya. Hasil analisis regresi sederhana yang menunjukkan pengaruh persepsi risiko (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) Berdasarkan nilai t-hitung yang diperoleh sebesar 14.660. Dengan demikian maka nilai t-hitung > dari nilai t-tabel dimana viii 14.660>1.666 maka ada hubungan signifikan antara variabel persepsi risiko (X3) terhadap variabel keputusan pembelian (Y), serta hasil analisis koefisien determinasi (R²) diperoleh nilai sebesar 0,746 artinya bahwa besarnya variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variabel persepsi risiko (X3) sebesar 74,6% dan sisanya sebesar 25,4% dipengaruhi oleh variabel X lainnya. Sedangkan hasil analisis regresi linear berganda antara kepercayaan (X1), kualitas informasi (X2), persepsi risiko (X3) terhadap Keputusan pembelian (Y) secara bersama-sama. Berdasarkan hasil tabel Anova menujukkan besarnya nilai F-hitung yang diperoleh sebesar 106.841. Didasarkan pada dk = N-2 untuk alpha (ɑ) 5% nilai F-tabel yang diperoleh sebesar 2.73. Dengan demikian maka nilai Fhitung > dari nilai Ftabel dimana 106.841 >2.73 maka, ada hubungan signifikan antara variabel kepercayaan (X1), variabel kualitas informasi (X2) dan variabel persepsi risiko (X3) terhadap variabel keputusan pembelian (Y), serta hasil analisis koefisien determinasi (R²) diperoleh nilai sebesar 0.819 artinya bahwa besarnya variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variabel kepercayaan (X1), variabel kualitas informasi (X2) dan variabel persepsi risisko (X3) sebesar 81,9% dan sisanya sebesar 18,1% dipengaruhi oleh variabel X lainnya. Kata kunci :kepercayaan; kualitas informasi; persepsi risiko; keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan; kualitas informasi; persepsi risiko; keputusan pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 07 Feb 2023 05:41
Last Modified: 07 Feb 2023 05:41
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item