PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VII SMPN MAUBELI

Ili, Noviliana (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VII SMPN MAUBELI. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode resitasi pada siswa kelas VII SMP Negeri Maubeli. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pembelajaran. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri Maubeli berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulalan data yaitu tes dan obsrvasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I nilai ratarata adalah 66,9, siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 orang dari 20 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 50% dan presentase ketidaktuntasan 50%. Sedangkan nilai rata-rata siswa dari siklus II adalah 84,45 dari 20 siswa semuanya tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar 100%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II sebesar 50% dan kenaikan presentase ketuntasan sebesar 100%. Dengan demikian, metode resitasi dapat diterapkan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penerapannya, guru perlu menciptakan situasi yang menyenangkan dan lebih menguasai kelas dengan cara selalu berinteraksi dengan siswa melalui tanya jawab, melakukan proses belajar mengajar yang lebih nyaman dan tidak menoton dan berinteraksi dengan siswa tersebut dengan cara memberikan pertanyaan kepadanya sehingga pada akhirnya mereka akan mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis, teks eksplanasi, resitasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 13 Jun 2024 00:13
Last Modified: 13 Jun 2024 00:13
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item