Ikun, Ferdina (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI LAEN MANEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Timor.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri Laen Manen. Manfaat dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen, sekaligus sebagai masukan bagi penulis untuk mengasah kemampuan akan bidang kajian yang penulis lakukan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang ditemukan oleh para ahli mengenai penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu mendeskripsikan secara jelas mengenai siswa kelas XI SMA Negeri Laen Manen dalam penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen, dan teknik pengumpulan data berupa (pemaparan materi, tes dan observasi/pengamatan) dengan teknik pengumpulan data tersebut maka penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMA Negeri Laen Manen cukup mampu dalam menulis cerpen menggunakan penerapan pendekatan kontekstual. Hal ini terbukti dari hasil ke lima aspek dalam menulis cerpen dimana dari 18 orang siswa, 3 orang siswa memperoleh nilai dengan predikat cukup, dari aspek yang dinilai dalam menulis cerpen, 4 orang siswa memperoleh nilai dengan predikat sangat baik, sedangkan dari aspek penggunaan kalimat, 11 oran siswa memperoleh nilai dengan predikat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Cerpen, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Palmerya Alma Sau |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 03:05 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 03:05 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/1160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |