ANALISIS MATRIKS BCG DAN ANALISIS PEMASARAN TERHADAP USAHA AYAM GEPREK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA KEFAMENANU (Studi Kasus Rumah Makan Boom Steak)

Bria, Advenia Frigiria (2023) ANALISIS MATRIKS BCG DAN ANALISIS PEMASARAN TERHADAP USAHA AYAM GEPREK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA KEFAMENANU (Studi Kasus Rumah Makan Boom Steak). Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (732kB)

Abstract

Ayam geprek merupakan salah satu inovasi yang berasal dari ayam goreng tepung yang dicampur dengan cabai dan rempah lainnya dengan cara di geprek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Volume nilai penjualan, pangsa pasar dalam penentuan strategi pemasaran usaha ayam geprek di rumah makan Boom Steak. Lokasi yang merupakan sampel penelitian adalah Rumah Makan Boom Steak, penelitian dilaksanakan pada bulan Februari. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif menggunakan metode Boston Consulting Group (BCG) dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa volume nilai penjualan terendah pada tahun 2020. Hal tersebut terjadi karena adanya dampak Covid-19 yang menyebabkan menurunya pendapatan. Penentuan pangsa pasar dalam merumuskan strategi menggunakan analisis BCG, pada tahun 2022 dan tahun 2021 posisi pasar berada pada kuadran Question Mark, dimana kuadran ini dikatakan sebagai pemimpin pasar dengan tingkat pangsa pasar lambat dan pertumbuhan pasar tinggi. Pada posisi ini perusahaan harus membuat strategi seperti penetrasi pasar, dan pengembangan produk. Pada tahun 2020 posisi pasar berada pada kuadran Dog, dimana posisi ini memiliki pangsa pasar dan pertumbuhan psar yang rendah. strategi pengembangan alternatif untuk usaha ayam geprek Boom Steak terdapat empat strategi yang digunakan yakni: 1) Memanfaatkan cita rasa yang ada untuk mempertahankan perubahan selera konsumen Meningkatan produksi ayam geprek dengan memanfaatkan pengalaman usaha yang ada. 2) Memanfaatkan tingkat pelayanan yang baik sehingga dapat meningkatkan daya beli konsumen. 3) Meningkatkan kualitas produk dan menambah cita rasa dengan memanfaatkan pengalaman yang ada untuk menghindari persaingan harga dan mampu bersaing dengan pengusaha lain. 4) Memanfaatkan cita rasa yang ada untuk meningkatkan peluang pasar dan menambah minat pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Strategi pengembangan, volume Nilai Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 23 Jun 2024 23:48
Last Modified: 23 Jun 2024 23:48
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item View Item