PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATAP WEMEAN KECAMATAN MALAKA BARAT KABUPATEN MALAKA

Tahu, Adriana Rivani (2024) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATAP WEMEAN KECAMATAN MALAKA BARAT KABUPATEN MALAKA. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (295kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf

Download (307kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri Satap Wemean Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent Control Group Desing Pretest dan Posttest. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebanyak 22 orang dan VIII B sebanyak 21orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar pada (pretest) dan (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata tes hasil belajar siswa pada (Pretest) adalah 63.05. Sedangkan pada (Posttest) skor rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 81.48. Berdasarkan hasil uji hipotesis perhitungan uji t diperoleh nilai signifikan t hitung = 8.129 > t tabel= 21.136 dengan demikian nilai signifikan 0,000>0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga penggunaan pendekatan Keterampilan Proses Sains berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem Organisasi Kehidupan kelas VIII. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar pada materi sistem organisasi kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Siswa, Sistem Organisasi Kehidupan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 22 May 2024 05:50
Last Modified: 22 May 2024 05:50
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item