ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA DI SMP NEGERI NEONBAT

Lidu, Maria (2023) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA DI SMP NEGERI NEONBAT. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisis minat belajar siswa dengan menggunakan aplikasi geogebra pada materi persamaan garis lurus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-B SMP Negeri Neonbat yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu soal tes 5 nomor, angket minat belajar yang memuat 25 pernyataan masing-masing 10 pernyataan positif dan negatif. Namun pada angket yang akan digunakan untuk melihat siswa setelah menggunakan aplikasi geogebra akan ditambahkan 5 pernyataan yang berkaitan dengan pembelajaran menggunakan aplikasi geogebra yang telah dilakukan oleh siswa. Hasil angket juga dikuatkan dengan adanya wawancara yang memuat 14 pertanyaan yang dilakukan peneliti dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika siswa kelas VIII-B di SMP Negeri Neonbat pada topik pembelajran persamaan garis lurus dengan menggunakan aplikasi geogebra mendapat respon yang positif. Pengalaman baru juga dirasakan oleh siswa kelas VIII-B SMP Negeri Neonbat, karena siswa dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi geogebra. Perasaan senang, perhatian siswa, ketertarikan siswa, dan keterlibatan siswa terhadap pembelajaran matematika juga mendorong siswa untuk aktif dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan pembelajaran. Siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru namun siswa juga dilatih menjawab pertanyaan-pertanyaan atau menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi pembelajaran sebagai evaluasi pembelajaran. Hal tersebut yang menjadi faktor siswa memiliki minat belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Geogebra, Minat Belajar Siswa, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 07 May 2024 01:13
Last Modified: 07 May 2024 01:13
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item View Item