Haki, Hubertha N. (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI MANDALA PADA MATERI SISTEM RANGKA PADA MANUSIA. Undergraduate thesis, Universitas Timor.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (891kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (271kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar danproses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensidirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri kepribadian kecerdasandan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri, kepribadian kecerdasan danakhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat, bangsa dan negara. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa Kelas VII SMP Negeri Mandala pada materi sistem rangka manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri Mandala. Populasi diperoleh dari seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Mandala sebanyak 73 siswa, yang terdiri dari kelas VIIA sebanyak 23 siswa, kelas VIIB sebanyak 23 siswa, dan kelas VIIC sebanyak 27 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas belajar yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. teknik penggumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif data posttest pada kelas VIIA sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model Discovery Learning, rata-rata hasil belajar yang diperoleh sebesar 81,09, sedangkan pada kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan metode ceramah ratarata hasil belajar yang diperoleh sebesar 68.48. Dan Berdasarkan hasil hipotesis pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji t bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 karena nilai Sig.(2-tailed) = 0,000<0,05 maka demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa di SMP Negeri Mandala pada materi sistem rangka pada manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi |
Depositing User: | Palmerya Alma Sau |
Date Deposited: | 07 May 2024 01:12 |
Last Modified: | 07 May 2024 01:12 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/786 |
Actions (login required)
View Item |