PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI AYOTUPAS TAHUN 2022

Tsu, Ingwer Nomensen (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI AYOTUPAS TAHUN 2022. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (453kB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan yang penting di setiap negara karena pendidikan akan menjamin kelangsungan hidup suatu bangsa dan negara. Konsepsi tentang tujuan pendidikan di suatu negara atau suatu komunitas ditentukan dan diarahkan oleh pandangan dan falsafah hidup negara bersangkutan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu dengan lembaran kuisioner yang didalamnya terdapat 30 butir soal pertanyaan kata-kata atau kalimat dan dipisahkan menurut kategori dalam memperoleh kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMAN Ayotupas. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal pilihan ganda (PG), data tersebut untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pembelajaran biologi pada materi konsep ekosistem. Pada peserta didik kelas X SMAN Ayotupas pada semester genap tahun ajaran 2022-2023. Data tersebut diperoleh dari 44 peserta didik dan kelas A sebanyak 27 siswa sebagai pertemuan awal pembelajaran dan kelas B sebanyak 27 siswa sebagai pertemuan terakhir pembelajaran. Pada kelas XA menggunakan metode ceramah sedangkan kelas XB menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan pemahaman Siswa, SMA Negeri Ayotupas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi
Depositing User: Oktaviana S Lelang
Date Deposited: 29 Feb 2024 00:47
Last Modified: 29 Feb 2024 00:47
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item