PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEFAMENANU

Jelahu, Ronaldus Ariyanto (2023) PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEFAMENANU. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (807kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal materi pola bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan partisipannya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kefamenanu yang berjumlah 29 orang. Data yang dikumpulkan berupa kemampuan literasi matematika yang diperoleh melalui tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan siswa berkemampuan literasi matematika tinggi memenuhi semua indikator pada 3 level kognitif literasi matematika yaitu level pemahaman, level penerapan dan level panalaran. Siswa berkemampuan literasi matematika sedang mampu mencapai indikator level pemahaman, sedangkan untuk level penerapan dan penalaran tidak semua indikator dicapai. Siswa yang berkemampuan literasi matematika rendah hanya mampu mencapai indikator level pemahaman, sedangkan pada level penerapan dan level penalaran belum dicapai. Secara keseluruhan profil kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri a Kefamenanu dalam menyelasaikan soal materi pola bilangan berada pada kategori tinggi. Temuan dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki kemampuan kognitif yang baik akan mampu mencapai semua indikator yang diukur pada level kognitif itu sendiri. Siswa dengan kategori tinggi memiliki kemampuan literasi matematika lebih unggul dibandingkan dengan siswa kategori sedang dan rendah. Kata kunci: Literasi Matematika, Pola Bilangan, Siswa Sekolah Menengah Pertama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, Pola Bilangan, Siswa Sekolah Menengah Pertama
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:04
Last Modified: 07 Feb 2023 06:04
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item View Item