PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITAMENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUALSISWA KELAS VIII SMPS AURORA KEFAMENANU

Bere Aton, Diana Ursula (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITAMENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUALSISWA KELAS VIII SMPS AURORA KEFAMENANU. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (Abstrak)
DIANA URSULA DASILVA BERE ATON-1-11.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB I)
DIANA URSULA DASILVA BERE ATON-12-15.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB II)
DIANA URSULA DASILVA BERE ATON-16-25.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
DIANA URSULA DASILVA BERE ATON-26-33.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
DIANA URSULA DASILVA BERE ATON-34-47.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
DIANA URSULA DASILVA BERE ATON-48-88.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas Peningkatan Kemampuan Menulis Teks BeritaMenggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VIII SMPS Aurora Kefamenanu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan menulis berita denganmenggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIII SMPS Aurora Kefamenanu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian TindakanKelasyang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-ratakelas yaitu 75. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari siswa-siswi kelas VIII CSMPS Aurora Kefamenanu. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalahberupalembar pekerjaan siswa dan data tambahan berupa lembar observasi siswa sebagai bahanrefleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahtekniktes. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar soal. Prosedur pengumpulandatameliputi dua tahap yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Teknik analisis datamenggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil tes pada siklus I dan siklus II dapat dilihat bahwa hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dan mencapai standarketuntasan belajar siswa. Pada siklus I rata-rata nilai siswa adalah 67,5dandikategorikan cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan pada rata-rata nilai siswamenjadi 76,2 dan masuk dalam kategori baik. Selain peningkatan pada hasil belajarsiswa, hasil observasi peneliti tindakan dan hasil observasi siswapun terlihat mengalami peningkatan pada nilai rata-ratanya. Pada siklus I nilai rata-rata hasil observasi peneliti tindakan sebesar 73 dan pada siklus II meningkat menjadi 92. Sementara nilai rata-ratahasil observasi siswa pada siklus I yang awalnya hanya 66 meningkat menjadi 85. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijelaskan pada bab IV, makadapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPS Aurora Kefamenanu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Teks Berita, Pendekatan Kontekstual
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:52
Last Modified: 29 Aug 2022 02:52
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item View Item