Bere Aton, Diana Ursula (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITAMENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUALSISWA KELAS VIII SMPS AURORA KEFAMENANU. Undergraduate thesis, Universitas Timor.
Text (Abstrak)
DIANA URSULA DASILVA BERE ATON-1-11.pdf Download (362kB) |
|
Text (BAB I)
DIANA URSULA DASILVA BERE ATON-12-15.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB II)
DIANA URSULA DASILVA BERE ATON-16-25.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
DIANA URSULA DASILVA BERE ATON-26-33.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
DIANA URSULA DASILVA BERE ATON-34-47.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
DIANA URSULA DASILVA BERE ATON-48-88.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas Peningkatan Kemampuan Menulis Teks BeritaMenggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VIII SMPS Aurora Kefamenanu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan menulis berita denganmenggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIII SMPS Aurora Kefamenanu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian TindakanKelasyang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-ratakelas yaitu 75. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari siswa-siswi kelas VIII CSMPS Aurora Kefamenanu. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalahberupalembar pekerjaan siswa dan data tambahan berupa lembar observasi siswa sebagai bahanrefleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahtekniktes. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar soal. Prosedur pengumpulandatameliputi dua tahap yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Teknik analisis datamenggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil tes pada siklus I dan siklus II dapat dilihat bahwa hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dan mencapai standarketuntasan belajar siswa. Pada siklus I rata-rata nilai siswa adalah 67,5dandikategorikan cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan pada rata-rata nilai siswamenjadi 76,2 dan masuk dalam kategori baik. Selain peningkatan pada hasil belajarsiswa, hasil observasi peneliti tindakan dan hasil observasi siswapun terlihat mengalami peningkatan pada nilai rata-ratanya. Pada siklus I nilai rata-rata hasil observasi peneliti tindakan sebesar 73 dan pada siklus II meningkat menjadi 92. Sementara nilai rata-ratahasil observasi siswa pada siklus I yang awalnya hanya 66 meningkat menjadi 85. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijelaskan pada bab IV, makadapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPS Aurora Kefamenanu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis, Teks Berita, Pendekatan Kontekstual |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Engelbertus De Yesus Taus |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 02:52 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 02:52 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/303 |
Actions (login required)
View Item |