ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP SATU ATAP NEGERI FATUNISUAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Natonis, Marni (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP SATU ATAP NEGERI FATUNISUAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf

Download (155kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali penyelesaian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori Polya pada siswa kelas VII SMP Satu Atap Negeri Fatunisuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan tinggi dapat melaksanakan empat langkah pemecahan masalah Polya dengan baik, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali penyelesaian. (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki kemampuan sedang sudah mulai memecahkan masalah Polya dengan langkah memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali penyelesaian. (3) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki kemampuan rendah sudah mampu melaksanakan tahap memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah, namun subjek masih kurang mampu dalam melaksanakan rencana penyelesaian dan belum mampu memeriksa kembali penyelesaian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:00
Last Modified: 04 Aug 2022 06:00
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item View Item