KUALITAS KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA OELAMI KECAMATAN BIKOMI SELATAN KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Nino, Maya Maria (2023) KUALITAS KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA OELAMI KECAMATAN BIKOMI SELATAN KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (913kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maya Maria Nino. NPM : 22190039. Judul Skripsi : Kualitas Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kantor Desa Oelami Kecamatan Bikomi Selatan Kabupaten Timor Tengah Utara. Dibimbing oleh Dr.AP. Aplonia Pala, S.Sos.,MM dan Stefanus Bekun, S.Sos.,M.AP. Masalah yang dihadapi menunjukan bahwa : kepemimpinan kepala desa dalam penyelenggaraan pelayanan di pemerintahan desa belum merealisasikan program pemberdayaan bagi masyarakat petani. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang kualitas kepemimpinan kepala desa dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Kantor Desa Oelami. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Visi, yang diterapkan dalam kepemimpinan kepala desa Oelami memastikan keberlangsungan penyelenggaraan pelayanan dilakukan dengan baik, dengan pelayanan secara transparan dan sering melibatkan masyarakat agar bersama memberikan tenaga dan pikiran mereka untuk berdiskusi melalui musyawarah desa. Empati, sesuai dengan kualitas kepemimpinan kepala desa Oelami belum cukup baik dalam tugas pelayanannya. Walaupun bentuk perhatian yang diberikan oleh kepala desa Oelami yang mengedepankan pendapat masyarakat, untuk membantu kepentingan masyarakat dalam urusan adat, urusan olahraga, urusan mengenai pembangunan di desa. Namun dalam pelaksanaannya perlu perhatian serius oleh kepala desa Oelami dalam menanggapi hal terkait urusan dokumen kependudukan masyarakat, dan belum direalisasikan terkait pembangunan untuk pengadaan bak penampung air bagi masyarakat yang tergabung kelompok tani di desa Oelami. Konsisten, yang dimiliki oleh kepala desa Oelami dalam mengambil tindakan untuk proses penyelenggaraan pelayanan cukup baik, walaupun dengan memberikan perintah kepada perangkat desa ditiap jabatannya dengan tegas untuk menyelesaiakan kebutuhan masyarakat dalam pelayanan. Namun perlu untuk membenahi kepengurusan dokumen kependudukan masyarakat yang lambat, dan pengadaan bak penampung air yang tepat dalam menghadapi musim panas yang saat ini dirasakan oleh masyarakat, agar bisa direalisasikan untuk program pembangunan pada kelompok tani. Integritas, dalam kepemimpinan kepala desa Oelami yang dilaksanakan dengan baik. Penyelenggaraan pelayanan yang mengutamakan kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan. Sikap yang diberikan kepala desa Oelami dalam pengarahan sistem pemberian pelayanan juga tidak memandang masyarakat dari golongan dan jabatan, semua masyarakat punya hak dapat pelayanan yang sama dan menjunjung tinggi harapan yang dibutuhkan masyarakat umum di desa Oelami. Sesuai dengan hasil penelitian tentang kualitas kepemimpinan kepala desa dalam penyelenggaraan pelayanan publik di kantor desa Oelami, belum maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kualitas, Pelayanan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 15 Oct 2024 00:08
Last Modified: 15 Oct 2024 00:08
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item View Item