Luruk, Januaria (2023) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN PENGGUNA KARTU INDONESIA SEHAT (KIS) DI PUSKESMAS BESIKAMA KECAMATAN MALAKA BARAT KABUPATEN MALAKA. Undergraduate thesis, Universitas Timor.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (728kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (370kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (283kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (662kB) |
Abstract
Nama Januaria Luruk, NPM. 22190216, Judul penelitian ini adalah “KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN PENGGUNA KARTU INDONESIA SEHAT (KIS) DI PUSKESMAS BESIKAMA KECAMATAN MALAKA BARAT KABUPATEN MALAKA” di bawah bimbingan Ibu Dr. A.P.Aplonia Pala S.Sos.,MM sebagai pembimbing utama dan Bapak Fidelis Atanus, S.Fil.,M.Si sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kualitas pelayanan kesehatan pasien pengguna kartu Indonesia sehat di puskesmas Besikama kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu menjelaskan serta menguraikan data yang diperoleh dari lokasi penelitian. Hasil penelitian ini dikategorikan menjadi lima jenis yaitu Keandalan (reliability), Jaminandan Kepastian (assurance), Berwujud (tangible), Empati (empathy) dan Ketanggapan (responsiveness) menurut Parasuraman (2013). Hasil penelitian menunjukan bahwa yang menjadi Keandalan (reliability) bagi Puskesmas Besikama adalah Setiap pelayanan memerlukan bentuk pelayanan yang handal. Jaminan dan Kepastian (assurance) adalah Inti dari bentuk pelayanan ini yaitu tingkat kepuasan pelayanan. Berwujud (tangible) Pelayanan yang bersifat berwujud dimaksud adalah penampilan dan kemampuan sarana dan prasarana fisik perusahaan. Empati (empathy) memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi yang diberikan kepada pelanggan dengan berupaya memahami keinginan pelanggan. Ketanggapan (responsiveness) suatu kebijakan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat/responsif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan terhadap pasien pengguna KIS di Puskesmas Besikama sudah sesuai dengan prosedur untuk memenuhi jaminan dan kepastian adalah dengan memberikan pelayanan secara baik dan terpercaya. Disiplin pegawai dan sikap yang ditujukan oleh pegawai yang bekerja di Puskesmas Besikama merupakan modal utama untuk menjadi kualitas pelayanan yang baik di Puskesmas Besikama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Pelayanan, Kesehatan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | Palmerya Alma Sau |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 00:38 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 00:38 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/709 |
Actions (login required)
View Item |