Lelboy, Maria Elfrida (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT). Undergraduate thesis, Universitas Timor.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (849kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII SMP Negeri Naiola. Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya hasil belajar siswa karena metode mengajar yang digunakan. Terlihat dari hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi Aritmetika sosial masih sangat rendah. Adapun tes formatif siswa kelas Vll tahun ajaran 2009/2010 pada materi Aritmatika sosial nilai rata-rata siswa hanya 6,50% dibawah standar KKM, sedangkan standar KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75%. Rendahnya hasil belajar karena siswa kurang bersemangat, kurang perhatian dan siswa jarang berdiskusi atau guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk diskusi dan belajar bersama-sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa pada materi Aritmetika Sosial dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Penelitian Tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan guru dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran dikelas, Yang dilaksanakan dengan tahap yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian dapat menyimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Aritmatika Sosial , siswa kelas VII SMP N. Naiola. Hal ini dapat dilihat dari presentasi ketuntasan kelas setiap siklus yaitu siklus I sebesar 61,90% meningkat pada siklus II sebesar 14,29% menjadi 76,19%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Aritmatika Sosial Numbered Heads Together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | Palmerya Alma Sau |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 00:00 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 00:00 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/1235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |