Neno, Irene Mariana (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BIBOKI SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Timor.
![]() |
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran 1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dilakukan untuk memastikan keefektifan model pembelajaran problem based learning (PBL) yang menjadikan siswa aktif dan bertanggung jawab dalam berpikir dan bekerja sama dalam tim serta menyajikan hasil diskusi secara mandiri, dan model pembelajaran konvensional dimana siswa tidak banyak berdiskusi. Sehinga sedikit ide yang muncul karena dibatasi oleh anggota kelompok. Hasil belajar siswa akan lebih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan quasi ekperimen dan sampel penelitian adalah kelas VIII B dan kelas VII C yang berjumlah 36 orang pada setiap kelas. Teknik pengambilan sampel secara acak. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent (pretest dan posttest) Control Group Design. Teknik pengumpulan datanya adalah tes dengan instrumen penelitian yaitu soal tes. Teknik analisis datanya adalah uji keefektifitas.Sebelum uji keefektifitas dilakukan terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan uji t satu sampel dan uji t dua sampel menunjukkan bahwa model problem based learning dan model pembelajaran konvensional sama-sama efektif atau tidak terdapat perbedaan yang di signifikan ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Relasi dan Fungsi Keefektifan PBL,konvesional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | Palmerya Alma Sau |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 23:56 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 23:56 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/1197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |