Banu, Germanus Florianto (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI BIOTEKNOLOGI BAGI SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI TAEKAS. Undergraduate thesis, Universitas Timor.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang menunjukan bahwa pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal pada materi Bioteknologi. Siswa hanya bisa dapat dari buku paket dan lingkungan sekitar saja, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal pada materi bioteknologi bagi siswa kelas XII di SMA Negeri Taekas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R & D (Research and Development). Adapun tahapan dalam penelitian pengembangan ini yaitu, (1) tahap I studi pendahuluan, (2) tahap II pengembangan model, (3) desain produk, (4) validasi desian, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu sebagai berikut: 1) modul pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal pada materi bioteknologi bagi siswa kelas XII di SMA Negeri Taekas, dinyatakan sangat layak, karena mencapai presentase kelayakan 75% untuk ahli materi dan presentase kelayakan 87.5% untuk ahli perangkat, sehingga modul pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal materi bioteknologi dinyatakan sangat layak untuk diuji cobakan kepada siswa kelas XII di SMA Negeri Taekas. 2) modul pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal pada materi bioteknologi bagi siswa kelas XII di SMA Negeri Taekas, dinyatakan sangat layak, karena mencapai presentase kelayakan 91.2% untuk uji coba individu dengan jumlah siswa 5 orang, dan presentase kelayakan 88.06% untuk uji coba kelompok kecil dengan jumlah 20 orang siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran, modul, kearifan lokal, materi bioteknologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi |
Depositing User: | Palmerya Alma Sau |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 23:42 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 23:42 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/1175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |