PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMPSK MIMBAR BUDI MANUFUI

Naiheli, Maria Dolorosa (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMPSK MIMBAR BUDI MANUFUI. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (498kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan yang urgen bagi siswa. Karena itu dilakukan peneliti ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C salah satu SMP yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Utara yang berjumlah 19 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer yakni data yang diperoleh langsung dari subjek peneliti. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dilihat dari persentase ketuntasan klasikal setiap siklus yaitu siklus I sebesar 68,42% danhasil observasi aktivitas guru sesuai pengamatan diperoleh dari rata-rata 2,8 dengan kategori kurang sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh dari rata-rata-rata 2,3 dengan kategori kurang. Persentse ketuntasan klasikal ini belum mencapai standar 75% karena itu peneliti mengevaluasi dan membuat perencanaan perbaikan. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus II sudah meningkat menjadi 89,47% dan hasil observasi aktivitas guru sesuai pengamatan diperoleh dari rata-rata 4,2 dengan kategori baik sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh dari rata-rata 3,8 dengan kategori baik. Direkomendasikan kepada guru matematika agar menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik sebagai salah satu alternatif dan memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 07 May 2024 01:13
Last Modified: 07 May 2024 01:13
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item