Naiheli, Maria Dolorosa (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMPSK MIMBAR BUDI MANUFUI. Undergraduate thesis, Universitas Timor.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (315kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (498kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan yang urgen bagi siswa. Karena itu dilakukan peneliti ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C salah satu SMP yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Utara yang berjumlah 19 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer yakni data yang diperoleh langsung dari subjek peneliti. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dilihat dari persentase ketuntasan klasikal setiap siklus yaitu siklus I sebesar 68,42% danhasil observasi aktivitas guru sesuai pengamatan diperoleh dari rata-rata 2,8 dengan kategori kurang sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh dari rata-rata-rata 2,3 dengan kategori kurang. Persentse ketuntasan klasikal ini belum mencapai standar 75% karena itu peneliti mengevaluasi dan membuat perencanaan perbaikan. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus II sudah meningkat menjadi 89,47% dan hasil observasi aktivitas guru sesuai pengamatan diperoleh dari rata-rata 4,2 dengan kategori baik sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh dari rata-rata 3,8 dengan kategori baik. Direkomendasikan kepada guru matematika agar menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik sebagai salah satu alternatif dan memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | Palmerya Alma Sau |
Date Deposited: | 07 May 2024 01:13 |
Last Modified: | 07 May 2024 01:13 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/804 |
Actions (login required)
View Item |