EFEKTIVITAS KINERJA APARATUR DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DESA (Studi Kasus Desa Ponu Kecamatan Biboki Anleu Kabupaten TTU)

Sallem, Geovanni Rizki (2023) EFEKTIVITAS KINERJA APARATUR DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DESA (Studi Kasus Desa Ponu Kecamatan Biboki Anleu Kabupaten TTU). Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (682kB)

Abstract

Keberhasilan meningkatkan efektifitas kinerja pelayanan publik ditentukan oleh faktor kemampuan meningkatkan kinerja kerja aparat desa. Penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik dapat dilihat dari berbagai sektor seperti efektivitas kinerja aparat desa dalam pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat. Masalah dalam penelitian ini masih ditemukan pelayanan yang belum dapat mencapai sasaran dan tujuan yang diharapkan dalam kinerja Pemerintahan Desa ponu. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari Agus Dwiyanto tentang kinerja birokrasi. Data dikumpulkan berdasarkan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi dan dianalisis secara kualitatif. Kajian ini menyimpulkan bahwa, 1) produktivitas pelayanan yang telah ditetapkan oleh Pemerintahan Desa Ponu masih belum sesuai dengan waktu yang terjadwal sesuai prosedur, 2) kualitas layanan mampu berjalan baik dan dapat melayani sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya, 3) responsivitas kinerja aparatur desa sudah baik walaupun belum optimal, 4) responsibilitas pelayanan yang diberikan oleh pengurus Desa Ponu tidak hanya secara administratif, tetapi juga pelayanan tambahan, 5) akuntabilitas pada kinerja pegawainya sangatlah tepat, dimana lingkup yang diberikan tidak hanya kepada informal dalam ruang lingkup organisasi saja tetapi juga kepada eksternal organisasi yaitu kepada masyarakat dan pihak lainnya yang berkepentingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Aparatur Desa, Pelayanan Publik.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 07 May 2024 01:12
Last Modified: 07 May 2024 01:12
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/781

Actions (login required)

View Item View Item