PENGEMBANGAN BOOKLET TUMBUHAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA EFATA SOE

Faot, Ardi Yacob Arnolus (2023) PENGEMBANGAN BOOKLET TUMBUHAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA EFATA SOE. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran Biologi siswa kelas XI MIPA 1 menggunakan buku paket kelas XI dan media LCD. Media pembelajaran yang digunakan ini dianggap belum memenuhi kebutuhan dari siswa karena dalam mempelajari materi tumbuhan. Kesulitan yang dimaksud adalah siswa sulit mengklasifikasikan jenis tumbuhan dengan menggunakan bahasa latin dan sulit membedakan tumbuhan monokotil dan dikotil dan juga pembelajaran berbasis Project Based Learning sudah pernah diterapkan di SMA EFATA SOE namun dianggap belum efektif. Oleh sebap itu peneliti terdorong untuk menambah minat dan semangat belajar siswa dengan melakukan penelitian tentang penerapan booklet tumbuhan berbasis Project Based Learning untuk siswa kelas XI MIPA 1 SMA EFATA SOE. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian R & D (Research and Development). Adapun tahapan dalam penelitian ini yaitu, (1) merancang produk, (2) pengujian produk tahap I, (3) revisi produk, (4) pengujian produk tahap II, (5) Uji coba produk. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil isian angket oleh validator ahli materi, validator ahli media, hasil uji coba perorangan, dan hasil uji coba kelompok kecil. Data kemudian dianalisis dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu sebagai berikut: 1) booklet tumbuhan berbasis Project Based Learning untuk siswa kelas XI MIPA 1 SMA EFATA SOE, dinyatakan sangat layak, karena mencapai presentase kelayakan 82.8% untuk ahli media dan presentase kelayakan 97.5% untuk ahli materi, sehingga booklet tumbuhan berbasis Project Based Learning dinyatakan sangat layak untuk diuji cobakan kepada siswa kelas XI MIPA 1 SMA EFATA SOE. 2) booklet tumbuhan berbasis Project Based Learning untuk siswa kelas XI MIPA 1 SMA EFATA SOE, dinyatakan sangat layak, karena mencapai presentase kelayakan 83.3% untuk uji coba perseorangan dengan jumlah siswa 5 orang, dan presentase kelayakan 80.3% untuk uji coba kelompok kecil dengan jumlah 20 orang siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran biologi, project based learning, booklet tumbuhan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 07 May 2024 01:06
Last Modified: 07 May 2024 01:06
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item