Alen, Maria Alfrida (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPA BIOLOGI BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA. Undergraduate thesis, Universitas Timor.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (98kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Bagaimana pengembangan modul IPA Biologi berbasis Discovery Learning pada materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia kelas VIII SMP Negeri Nunbai? 2) Bagaimana kelayakan modul IPA Biologi berbasis Discovery Learning pada materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan/ Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan atau Research and Development adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggungjawabkan. Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi 2 tahap yaitu tahap I tahap studi pendahuluan dan tahap II tahap pengembangan model. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah berupa angket. Tujuan dari penggunaan angket yaitu untuk mengetahui kelayakan dari produk yang dikembangkan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 1 validator ahli perangkat pembelajaran dan 1 validator ahli materi, dan uji coba individu yang terdiri dari 5 orang siswa kelas VIII SMP Negeri Nunbai dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 20 orang siswa kelas VIII SMP Negeri Nunbai. Modul pembelajaran IPA Biologi berbasis Discovery Learning yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dengan presentase dari ahli media 84% dengan kategori (sangat baik), hasil validasi oleh ahli materi memperoleh presentase 96% dengan kategori (sangat baik). Hasil uji coba individu memperoleh presentase 99,5% dengan kategori (sangat praktis). Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 98,87% dengan kategori (sangat praktis). Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa produk modul IPA Biologi berbasis Discovery Learning yang dihasilkan memenuhi kualifikasi valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam menunjang proses belajar mengajar pada materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia kelas VIII SMP Negeri Nunbai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul IPA Biologi Berbasis Discovery Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi |
Depositing User: | Oktaviana S Lelang |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 00:48 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 00:48 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/629 |
Actions (login required)
View Item |