PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 MALAKA BARAT

Bria, Lodiana (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 MALAKA BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (767kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA SMPN 2 Malaka Barat, pada tanggal 12 Februari 2022, diperoleh data bahwa setiap guru IPA menggunakan instrumen penilaian praktikum yang berbeda, bahkan instrumen penilaian jarang digunakan dalam sebuah kegiatan praktik karena di sekolah tersebut hanya terdapat dua guru IPA sehingga jam mengajar guruguru tersebut menjadi padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan instrumen penilaian praktikum pada materi sistem pencernaan makanan pada siswa kelas VIII SMP N 2 Malaka Barat dan untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian praktikum pada materi sistem pencernaan makanan pada siswa kelas VIII SMPN 2 Malaka Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (R and D). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa instrumen penilaian praktikum yang terdiri dari aspek kognitif , afektif dan psikomotorik pada materi sistem pencernaan makanan pada siswa kelas VIII SMPN 2 Malaka Barat. Berdasarkan hasil uji coba produk instrumen penilaian praktikum yang dikembangkan terhadap respon guru IPA dan validator, memperoleh hasil yang baik dengan kategori sangat layak dan sangat valid. Hal tersebut menunjukan bahwa instrumen penilaian praktikum sangat layak untuk digunakan guru dalam pembelajaran untuk menilai siswa dalam kegiatan praktik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Instrumen Penilaian Praktikum, Materi Sistem Pencernaan Makanan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 26 Feb 2024 00:17
Last Modified: 26 Feb 2024 00:17
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item