PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KRISTEN PETRA KEFAMENANU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Tefamnasi, Santi Eriance (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KRISTEN PETRA KEFAMENANU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (954kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap hasil belajar siswa, pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas X pada pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati. Penelitian dilakukan di SMA Kristen Petra Kefamenanu yang dilaksanakan pada tanggal 23 februari - 03 maret 2023. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan hasil uji asumsi, uji homogenitas dan uji hipotesis dari dua kelas penelitian (kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol) masing- masing kelas berjumlah 17 siswa. Hasil belajar pada kelas XA sebagai kelas eksperimen pada pembelajaran biologi SMA Kristen Petra Kefamenanu pada materi keanekaragaman hayati diperoleh nilai rata- rata 74,85 sedangkan hasil belajar pada kelas XB sebagai kelas kontrol pada pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati di peroleh nilai rata- rata 34,56 sedangkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai signifikan = 0,001 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran biologi kelas X SMA Kristen Petra Kefamenanu pada materi keanekaragaman hayati. Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Materi Keanekaragaman Hayati, Signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Materi Keanekaragaman Hayati, Signifikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:06
Last Modified: 21 Aug 2023 06:06
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item