PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 INSANA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Usolin, Kresensia (2023) PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 INSANA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal himpunan ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Metode penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini data yang terkumpul berbentuk kata-kata sehingga tidak menekankan pada angka. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari tiga siswa dengan gaya kognitif field dependent dan tiga siswa dengan gaya gaya kognitif field independent dari kelas VII pada salah satu SMPN di Kabupaten Timor Tengah Utara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematika, Group Embedded Figure Test, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa profil kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMPN 1 Insana dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah siswa mampu memahami soal, mampu menuliskan dan menjelaskan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal dan menuliskan pada lembaran jawabannya, mampu menggambarkan bentuk diagram ven dengan benar, mampu menggunakan notasi pembentuk suatu himpunan, mampu membedakan suatu himpunan dan bukan himpunan, dan mampu membedakan bentuk irisan dan gabungan serta mampu membuat kesimpulan penyelesaian dari suatu masalah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes ketiga siswa field independent saat menyelesaikan soal himpunan matematika dan siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah siswa belum mampu memahami soal, belum mampu menuliskan dan menjelaskan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal, belum mampu menggambarkan bentuk diagram ven dengan benar, belum mampu menggunakan notasi pembentuk suatu himpunan, belum mampu membedakan suatu himpunan dan bukan himpunan, belum mampu membedakan bentuk irisan dan gabungan serta belum mampu membuat kesimpulan penyelesaian dari suatu masalah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes ketiga siswa field dependent saat menyelesaikan soal himpunan matematika. Kata Kunci: Field-Dependent, Field-Independent, Gaya Kognitif, Kemampuan Komunikasi Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Field-Dependent, Field-Independent, Gaya Kognitif, Kemampuan Komunikasi Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:02
Last Modified: 21 Feb 2023 07:02
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item View Item