PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN Studi Kasus Pada Rumah Makan Bongkaran, Kota Betun, Kecamatan Malaka Tengah, (Kabupaten Malaka)

Bria, Robertus (2021) PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN Studi Kasus Pada Rumah Makan Bongkaran, Kota Betun, Kecamatan Malaka Tengah, (Kabupaten Malaka). Undergraduate thesis, Univrsitas Timor.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (630kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf

Download (243kB)

Abstract

Robertus Bria, penelitian dengan judul Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Studi Kasus Pada Rumah Makan Bongkaran, Kota Betun, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Pembimbing I Bapak Berno B. Mitang, SE.MM Pembimbing II Bapak Aquidowaris Manek, SE.,MSA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan. Jenis penelitian kuantitatif.. Variabel dalam penelitian ini adalah Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan sebagai variabel bebas serta keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data: obsevasi, wawancara dan kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang melakukan pembelian Makanan di Rumah Makan Bongkaran yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti dan diambil dengan teknik sampling incidental dan sampel yang diteliti sebanyak 75 responden. Hasil analisis regresi sederhana antara variabel harga terhadap keputusan pembelian (Y) menunjukan nilai thitung yang diperoleh sebesar 3.960. Sedangkan ttabel diperoleh 1.666. Dengan demikian, karena nilai thitung > dari nilai ttabel dimana 3.960>1.666 maka ada pengaruh signifikan variabel harga (X1) terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Besarnya nilai koefisien korelasi (R) antara variabel harga (X1) dengan keputusan pembelian (Y) sebesar 0,380 yang artinya hubungan cukup kuat. Hasil analisis regresi menunjukan bahwanilai sebesar 0,145 artinya besarnya variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi variabel harga (X1) sebesar 15,5% dan sisanya 85,5% dipengaruhi oleh variabel X lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini. Hasil analisis regresi sederhana antara variabel kualitas produk dengan keputusan pembelian (Y) menunjukan nilai thitung yang diperoleh sebesar 3.960. Sedangkan ttabel diperoleh 1.666, dengan demikian, karena nilai thitung > dari nilai ttabel dimana 3.960>1.666 maka disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan variabel kualitas produk (X2) terhadap variabel keputusan pembelian (Y).Nilai koefisien korelasi (R) antara variabel kualitas produk (X2) dengan keputusan pembelian (Y) 0,623 artinya hubungan cukup kuat. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa nilai sebesar 0,409 yang berarti besarnya variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi variabel kualitas produk (X2) sebesar 40,9%, sisanya 59,1% dipengaruhi oleh variabel X lain yang tidak dimasukan di penelitian ini. Hasil analisis regresi sederhana antara variabel pelayanan dengan keputusan pembelian (Y) menunjukannilai thitung yang diperoleh sebesar 2.083. Sedangkan ttabeldiperoleh 1.666. Dengan demikian, karena nilai thitung > dari nilai ttabel dimana 2.083>1.666 maka disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan variabel pelayanan (X3) terhadap variabel keputusan pembelian(Y). Nilai koefisien korelasi (R) antara variabel pelayanan (X3) dengan keputusan pembelian (Y) sebesar 0,537 artinya hubungan cukup kuat. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa nilai sebesar 0,288 berarti besarnya variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi variabel pelayanan (X3) sebesar 28,8% dan sisanya 71,2% dipengaruhi oleh variabel X lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Hasil analisis regresi linier berganda antara variabel harga, kualitas produk dan pelayanan,terhadap keputusan pembelian menunjukan nilai Fhitung yang diperoleh sebesar 26,616. Sedangkan Ftabel diperoleh 1.666. Dengan demikian maka nilai Fhitung > dari nilai Ftabel dimana 26,616>1,666 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan variabel harga (X1), variabel kualitas produk (X2), dan variabel pelayanan (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). nilai R yang diperoleh adalah 0,262 artinya terdapat hubungan yang kuat antara variabel harga (X1), variabel kualitas prodduk (X2) dan variabel pelayanan (X3) dengan variabel keputusan pembelian (Y). Hasil analisis determinan (R2 ) diperoleh nilai 0,529, artinya besarnya keputusan pembelian (Y) dipengaruhi variabel harga (X1), variabel kualitas produk (X2) dan variabel pelayanan (X3) sebesar 52,9% dan sisanya sebesar 47,1% dipengaruhi oleh variabel X lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, Pelayanan dan Keptusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:19
Last Modified: 09 Sep 2022 01:19
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item View Item