ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI OPO

Tuaneno, Regina (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI OPO. Undergraduate thesis, Univrsitas Timor.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf

Download (503kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf

Download (331kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah banyak siswa yang kurang bernalar dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial . Namun ada beberapa siswa yang mampu menyelesaikannya dengan baik, bahkan ada yang tidak mampu menyelesaikan soal tersebut dan tidak bisa memberikan alasan atau penjelasan terhadap tiap –tiap langkah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri Opo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah 15 orang siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah Tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan penalaran matematika tingkat Tinggi memiliki kemampuan penalaran matematis yang sangat baik yaitu YO dengan nilai yang diperoleh 92, karena YO memenuhi ke 3 indikator. Siswa berkemampuan penalaran matematika tingkat Sedang memiliki kemampuan penalaran matematis yang cukup baik yaitu KRU dengan nilai yang diperoleh 66, karena KRU hampir memenuhi ke 3 indikator tersebut. dan siswa berkemampuan penalaran matematika tingkat Rendah memiliki kemampuan penalaran matematis yang sangat kurang adalah 20. Karena SIN belum mencapai kompetensi yang ditetapkan dari ke 3 indikator yang diukur dengan hasil nilai yang sangat kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kemampuan Penalaran Siswa, Soal Cerita , Aritmatika Sosial
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 02 Sep 2022 05:42
Last Modified: 02 Sep 2022 05:42
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item