IMPLEMENTASI METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALISYS DALAM MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PELAYANAN (STUDI KASUS: DUKCAPIL KAB. TTU)

Haumeta, Efrida R (2022) IMPLEMENTASI METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALISYS DALAM MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PELAYANAN (STUDI KASUS: DUKCAPIL KAB. TTU). Undergraduate thesis, Univrsitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (586kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (929kB)

Abstract

Pelayanan dapat dikatakan memuaskan, apabila pelayanan tersebut dapat memenuhi kepuasan masyarakat. Suatu kepuasan tercapai jika pelayanan yang diterima masyarakat dapat sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kab. Timor Tengah Utara, maka dibutuhkan adanya sistem untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat. Pengukuran kepuasan masyarakat dilakukan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) yang mempertimbangkan tingkat kepentingan atau harapan dari responden, dengan indikator atau dimensi berupa bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Hasil dari penelitian ini adalah dibangunnya Measurement System (Pengukuran Sistem) berbasis website yang mampu mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan yang diberikan. Pengukuran menggunakan metode IPA, didapatkan kinerja yang harus diperbaiki atau dikurangi berdasarkan pemetaan kuadrannya dengan 25 atribut, yang terbagi menjadi 4 kuadran yaitu kuadran I (prioritas utama) 8 atribut, kuadran II (pertahankan prestasi) 3 atribut, kuadran III (prioritas rendah) 3 atribut, dan kuadran IV (berlebihan) 11 atribut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pelayanan, kepuasan masyarakat, Dukcapil, pengukuran, metode IPA
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains Teknologi dan Kesehatan > Teknologi Informasi dan Komunikasi
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:23
Last Modified: 30 Aug 2022 02:23
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item