MARGIN PEMASARAN PISANG KEPOK DI DESA WESEBEN KECAMATAN WEWIKU KABUPATEN MALAKA

Kehik, Dorthea Abuk (2022) MARGIN PEMASARAN PISANG KEPOK DI DESA WESEBEN KECAMATAN WEWIKU KABUPATEN MALAKA. Undergraduate thesis, Univrsitas Timor.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (555kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (226kB)

Abstract

DORTHEA ABUK KEHIK.Margin Pemasaran Pisang Kepok Di Desa Weseben Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka. Dibimbing oleh AGUSTINUS NUBATONIS S.P.,M.P dan UMBU JOKA S.P.,M.Si Penelitian ini dilaksanakan di Desa Weseben Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka dari bulan Juni 2021 sampai selesai. Tujuan dari penelitian ini adalah 1).Untuk mengetahui saluran pemasaran pisang kepok di Desa Weseben Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka. 2). Untuk mengetahui fungsifungsi pemasaran pisang kepok di Desa Weseben Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka. 3). Untuk mengetahui margin pemasaran yang diterima pelaku pemasaran pisang kepok di Desa Weseben Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu untuk mengetahui saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemasaran sedangkan untuk menganalisis margin pemasaran menggunakan rumus margin pemasaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa saluran pemasaran pisang kepok di Desa Weseben Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka terdiri dari 3 saluran yaitu : saluran pemasaran I (petani- konsumen), saluran pemasaran II (petani-pengecer-konsumen), saluran pemasaran III (petani-pengumpul-pengecer-konsumen). Fungsifungsi pemasaran dalam penelitian ini yang dilakukan oleh setiap lembaga yang terlibat yaitu : fungsi yang dilakukan oleh produsen (petani) yaitu : fungsi pertukaran ( berupa fungsi penjualan), fungsi fisik (berupa fungsi transportasi), dan fungsi fasilitas (berupa fungsi standarisasi dan grading, fungsi pembiayaan dan fungsi informasi pasar). Fungsi yang dilakukan oleh pedagang pengumpul adalah fungsi pertukaran (berupa fungsi pembelian dan fungsi penjualan).Fungsi fisik (berupa fungsi transportasi).Fungsi fasilitas (berupa fungsi pembiayaan dan fungsi informasi pasar). Fungsi yang dilakukan oleh pedagang pengecer adalah fungsi pertukaran ( berupa fungsi transportasi). Fungsi fasilitas (berupa fungsi pembiayaan dan fungsi informasi pasar).Fungsi yang dilakukan oleh pedagang pengecer adalah fungsi pertukaran (berupa fungsi pembelian dan fungsi penjualan).Fungsi fisik (berupa fungsi transportasi).Fungsi fasilitas (berupa fungsi pembiayaan, fungsi penanggungan resiko dan fungsi informasi pasar). Margin pemasaran pada saluran I sebesar Rp 0, pada saluran pemasaran II sebesar Rp. 15.000 dan saluran pemasaran III sebesar Rp. 25.000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemasaran pisang kepok, saluran pemasaran, margin pemasaran.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:23
Last Modified: 29 Aug 2022 04:23
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item View Item