EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA UNTUK MATERI HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII SMP KRISTEN KEFAMENANU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Liunokas, Melky Zadrak (2021) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA UNTUK MATERI HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII SMP KRISTEN KEFAMENANU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK .pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf

Download (291kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Untuk Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP Kristen Kefamenanu Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen . Variabel dalam penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan pendekatan Konvensional serta variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Desain penelitian diberi simbol x1 untuk hasil belajar kelas eksperimen dan simbol x2 untuk hasil belajar kelas kontrol. Teknik analisa data uji t satu sampel, uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji t dua sampel. Prosedur penelitian dilakukan dalam tahap persiapan dan pelaksanaan. Teknik analisa data uji t satu sampel, uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji t dua sampel. Hasil perhitungan menunjukkan kedua pendekatan efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Data berdistribusi normal dan homogen. Analisis data uji t dua sampel antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan thitung > ttabel yakni 3,643 > 2,021 maka dari syarat penerimaan dan penolakan hipotesis, ternyata hipotesis yang diajukan (Ha) diterima berarti pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih efektif dari pendekatan konvensional untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 12 Aug 2022 00:41
Last Modified: 12 Aug 2022 00:41
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item