Mella, Nedi Aritson (2024) PEMANFAATAN WHATSAPP GROUP DALAM PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIMOR. Undergraduate thesis, Universitas Timor.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (965kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran daring pada tahun 2019 sampai dengan 2021 Kampus Universitas Timor (FKIP) khususnya Program Studi Pendidikan Biologi menghentikan kegiatan pembelajaran secara langsung karena covid19. Para dosen mulai mencari solusi dengan mengunakan berbagai media pembelajaran yang memadai agar menuntaskan pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan. Dosen lebih memilih mengirim materi atau memberikan kesempatan mahasiswa mempresentasi hasil kerja jika ada tugas mata kuliah. Namun dalam perkuliahan atau pembelajaran di Kampus Universitas Timor ada pula Dosen menggunakan Whatsapp Group sebagai media pembelajaran dan media presentasi untuk menuntaskan perkuliahan yang mengalami kendala pada jam perkuliahan tertentu atau menuntaskan materi yang terlambat dan tertunda. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan WhatsApp group dalam proses pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unimor. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa anggkatan 2019 sampai dengan angkatan 2021 yang lebih merasakan pemanfaatan whatsapp group dalam pembelajran dalam masa pandemik ditahun 2020 sampai 2021. Pernyataan yang dibagi sebanyak 15 pernyataan dan dibagi dalam 4 indikator. Hasil penelitian ini menunjukan hasil kepuasan dalam pemanfaatan whatsapp group dalam pembelajaran pada indikator satu 82,96 (%) dan indikator dua 81,82 (%) indikator tiga 78,41 (%) dan indikator empat 34,09 (%). Dari hasil penelitian yang dapatkan bahwa pemanfaatan whatapp group dalam pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unimor sanggat membantu mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Mahasiswa, Dosen, Whatsapp Group |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi |
Depositing User: | Palmerya Alma Sau |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 00:13 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 00:13 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/1039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |