ANALISIS PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN KOMODITAS USAHATANI TOMAT DI KECAMATAN TASIFETO TIMUR KABUPATEN BELU

Dos Santos, Maria Leopoldina (2024) ANALISIS PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN KOMODITAS USAHATANI TOMAT DI KECAMATAN TASIFETO TIMUR KABUPATEN BELU. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (565kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1. Untuk mengetahui saluran pemasaran tomat di Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu. 2. Untuk mengetahui margin pemasaran, biaya dan keuntungan pemasaran. 3. Untuk mengetahui daya saing pemasaran Tomat. 4. Untuk mengetahui farmer share dan efisiensi pemasaran. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu pada bulan Mei 2023 sampai selesai. Mengambil sebanyak 50 responden petani dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Hasil analisis menunjukan bahwa sistem pemasaran tomat yang berada di kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu terdapat tiga saluran pemasaran yaitu pertama, petani, pedagang pengumpul, pedagang pengecer, dan konsumen; kedua, petani, pedagang pengecer dan konsumen; ketiga, petani langsung ke konsumen. Margin pemasaran tomat yang terbesar ada pada saluran pemasaran II yaitu sebesar Rp 15.000/Kg dan terke cil pada saluran pemasaran III yaitu Rp 10.000/Kg. Biaya pemasaran menunjukan bawa jumlah biaya pada saluran pemasaran sebesar Rp 855.000. Hasil analisis pada daya saing pemasaran menggunakan teknik PAM menunjukan keuntungan yang positif , keuntungan privat usahatani tomat di Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu senilai Rp1.549.240.000. Keuntungan social usahatani tomat sebesar Rp 772.260.000. Hasil analisis Farmer share yang diterima petani tertinggi terdapat pada saluran ketiga yaitu 50% dan terendah pada saluran ke II yaitu 25%. Hasil analisis efisiensi pemasaran tomat bernilai efisien dapat ditentukan dengan kaidah keputusan pada efisiensi pemasaran dimana 0 -33% dikatakan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Pemasaran dan Keuntungan komoditas Usahatani Tomat.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 07 May 2024 01:13
Last Modified: 07 May 2024 01:13
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item