Kefi, Cristina Ermalinda (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KOTA BARU. Undergraduate thesis, Universitas Timor.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (441kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (117kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V + LAMPIRAN)
BAB V.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa SMP Kota Baru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa Quasi Experimen. Desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian non-equivalent postest- only control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vlll SMP Negeri Kota Baru, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VlllA sebagai kelas eksperimen dan kelas VlllB sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes tertulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 20. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh dengan bantuan perhitungan SPSS 20 nilai sig.(2-tailed) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,043 < 0,05 dan nilai ������� yang diperoleh sebesar 2,075 dan ��� � sebesar 2,021 oleh karena �������< ��� � maka � ditolak dan terima �� artinya rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol lebih kecil dari rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa, dalam hal ini model pembelajaran kooperatif NHT lebih efektif dari pembelajaran konvensional. Saran yang penulis ajukan sesuai hasil penelitian ini adalah guru dapat memilih model pembelajaran NHT dalam pembelajaran matematika sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numbered Head Together; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | Palmerya Alma Sau |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 03:54 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 03:54 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/585 |
Actions (login required)
View Item |