Klau, Endang Mariani (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKANVOLUME PENJUALAN KAIN TENUN IKAT FUTUS (Studi Kasus Pada Kelompok Pengrajin Tenun Ikat Neon Ida Kabupaten Malaka). Undergraduate thesis, Universitas Timor.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (957kB) |
Abstract
Nama : Endang Mariani Klau Nim : 41180041 Judul skiripsi : Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kain Tenun Ikat Futus Pada Kelompok Pengrajin Tenun Ikat Futus Desa Haitimuk Kabupaten Malaka. Usaha Tenun Ikat Futus ialah usaha yang memproduksi kain tenun yang dapat dijadikan sebagai kain futus wanita, kain futus pria dan selendang selendang futus. Rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan? Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan kain tenun ikat Futus. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: faktor-faktor internal dan ekstrenal apa saja yang mempengaruhi penjualan, kurangnya sarana dan prasarana karena masih menggunakan alat tradisional dan promosi yang sederhana serta strategi apa saja yang dapat digunakan dalam meningkatkan penjualan Kain Tenun Ikat Futus Di kabupaten Malaka. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang dibagikan kepada 9 orang responden. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis SWOT dengan menggunakan metode matrix IFAS (internal factor analysis summary) dan matrix EFAS (Ekstrenal factor Analysis summar) dan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari faktor Internal Kelompok Pengrajin Tenun ikat futus memiliki skor 4,02 yang berarti menggambarkan posisi internal Kelompok Pengrajin Kain Tenun Ikat Futus yang kuat. Pada faktor eksternal dari Kelompok Pengarajin Kain Tenun Ikat Futus memilki skor 1,46, ini menggambarkan kain tenun ikat futus merespon peluang yang ada dan cukup mampu menghindari ancaman yang ada. Strategi yang paling tepat dalam pemasaran Kelompok Pengrajin Kain Tenun Ikat Futus dapat dilihat dengan menggunakan diagram cartesius. Pada diagram ini sangat jelas menunjukkan perusahaan berada Dalam kuaadran I yang dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada dengan terus melakukan pengembangan (agresif). Strategi yang diterapakan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif yang dapat meningkatkan penjualan. Kata Kunci : Kelompok Pengrajin Tenun Ikat Futus, Strategi Pemasaran, Faktor Internal, faktor eksternal, SWOT
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kelompok Pengrajin Tenun Ikat Futus, Strategi Pemasaran, Faktor Internal, faktor eksternal, SWOT |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Mr Engelbertus De Yesus Taus |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 01:53 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 01:53 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |