PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATERI LOGIKA MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)

Nenot'ek, Yunevy Katarina (2022) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATERI LOGIKA MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI). Undergraduate thesis, Univrsitas Timor.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (906kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf

Download (299kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat peraga materi logika matematika berbasis pendekatan PMRI. Alat peraga yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu alat peraga miniatur jalan logika. Alat peraga miniatur jalan logika merupakan suatu alat peraga yang didesain dengan skala kecil namun memiliki bentuk dan proses yang sama pada jalan raya sebenarnya di lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Tesmmer (1993) yaitu pleriminary studi dan formatif evaluation (self evaluation, one-to-one, expert review, small group dan field test). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester I (satu) TA. 2021/2022 Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Timor. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi ahli, lembar responden mahasiswa dan tes. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis data hasil vasidasi ahli, responden mahasiswa dan hasil tes mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Hasil validasi ahli terhadap alat peraga yang dikembangkan mendapat penilaian sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan yaitu 83,18%. (2). Hasil responden mahasiswa mendapat penilaian praktis dengan rata-rata persentase kepraktisan yang diperoleh yaitu 65,75%. (3). Alat peraga yang dikembangkan juga memiliki efek potensial berdasarkan hasil tes mahasiswa pada rata-rata persentase ketuntasan individual pada hasil pre test sebesar 80%, yang meningkat pada hasil post test sebesar 91.06% dengan kategori sangat baik, dan ketuntasan secara klasikal pada hasil pre test yaitu 80%, yang meningkat pada hasil post test sebesar 86.67% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Alat peraga, Logika matematika, PMRI
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:09
Last Modified: 20 Sep 2022 03:09
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item