Seuk, Adriani (2022) KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT HAK MILIK TANAH OLEH KANTOR BADAN PERTANAHAN KABUPATEN MALAKA. Undergraduate thesis, Univrsitas Timor.
![]() |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nama: Adriani Seuk, NPM: 22180137 judul “Kualitas Pelayanan Pembuatan Sertifikat Hak Milik Tanah Oleh Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Malaka”. Dibawah bimbingan Dr. A.P. Aplonia Pala,S.Sos., dan Stefanus Bekun,S.Sos,M.AP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kuallitas pelayanan pembuatan sertifikat hak milik tanah. Metode yang digunakan dalam penelitain ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data bersifat deskriptif dengan sumber informan dalam penelitian ini adalah Kepala Kantor, pegawai kantor dan masyarakat yang mengurus sertifikat hak milik tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sertifikat hak milik tanah sudah berjalan dengan baik, kualitas tersebut meliputi: (1) bukti fisik, yaitu sosialisasi yang terus menerus dilakukan, sosialisasi yang dilakukan melalui media cetak maupun media elektronik. Media elektronik dapat diketahui melalui siaran-siaran radio dan hanpone (HP) dan sosialisasi melalui media cetak dapat diketahui melalui surat kabar, brosur, dan baliho, serta dengan peralatan yang lengkap dan modern, dan hasil yang telah dicapai selama tiga tahun 6285 bidang tanah yang sudah bersertifikat.(2) kehandalan, yaitu melakukan proses pelayanan yang cepat dan tepat dengan cara menyediakan layanan pengaduan jika ada masyarakat yang bermasalah mengenai pembuatan sertifikat hak mili tanah dan pegawai akan memberikan solusi sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. (3) daya tanggap yaitu menjawab dengan jelas dan cepat keluhan dari masyarakat mengenai syarat-syarat pembuatan sertifikat hak milik tanah dan memberikan penjelasan yang terarah kepada masyarakat agar pengurusan sertifikat hak milik tanah yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar. (4) jaminan yaitu pengetahuan, kesopansantunan pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mengurus sertifikat hak milik tanah. (5) empati yaitu kemudahan dalam melakukan komunikasi yang baik, perhatian dan keramahan serta kepedulian kepada masyarakat seperti melakukan pengurusan sertifikat tanah para pegawai juga membantu masyarakat jika masih ada berkas-berkas yang kurang maka pegawai pun langsung memberikan arahan jika berkas-berkas yang kurang itu harus dilengkapi misalnya foto copy KTP (kartu tanda penduduk) dan bukti pendaftaran tanah sehingga tidak kesulitan lagi dalam melakukan pengurusan sertifikat hak milik tanah karena semua sudah di arahkan oleh pegawai kantor badan pertanahan kabupaten Malaka. sehingga masyarakat akan merasa nyaman dalam menerima pelayanan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Pelayanan, Sertifikat |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory J Political Science > JC Political theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | Mr Engelbertus De Yesus Taus |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 01:18 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 01:18 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |