PELAYANAN KESEHATAN PADA UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM PENYANGGA PERBATASAN BETUN KABUBATEN MALAKA

Klau, Agustina Nerly Abuk (2022) PELAYANAN KESEHATAN PADA UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM PENYANGGA PERBATASAN BETUN KABUBATEN MALAKA. Post-Doctoral thesis, Univrsitas Timor.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nama Agustina Nerly Abuk Klau, NPM: 22170093, pelayanan kesehatan pada unit rawat jalan dalam upaya meningkatkan kualitas Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan Betun. Dr. A.P.Aplonia Pala, S.Sos., MM, Selaku pembimbing Utama, Stefanus Bekun,S.Sos,M.,AP. Selaku pembimbing pendamping.Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pelayanan Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan Betun dalam meningkatkan Pelayanan Kesehatan Pada unit Rawat Jalan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelayanan kesehatan pada unit rawat jalan dalam upaya meningkatkan kualitas Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan Betun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif. Indikatornya adalah Tersedia dan berkesinambungan,Dapat diterima danwajar,Mudah dicapai,mudah dijangkau,bermutu,sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. teknik pengumpulan data yaitu observasi, Wawancara,dan Dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah dokter,Petugas Rumah Sakit,Perawat,Pasien.Pelayanan merupakan salah satu hal yang penting dan dijadikan sebagai kunci keberhasilan dalam segala usaha dan kegiatan yang bersifat jasa.Terdapat beberapa jenis pelayanan yang dilaksanakan oleh sebuah organisasi baik negeri maupun swasta, salah satunya adalah pelayanan yang ada di instansi pemerintah.Kualitas pelayanan publik yang belum memenuhi harapan masyarakat dalam arti tingkat kepuasaan masyarakat masih rendah ditandai dengan masih banyaknya keluhan-keluhan terhadap penyelenggara pelayanan publik.Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti mengambil kesimpulan sesuai dengan hasil penelitan dari setiap indikatorindikator seperti: Tersedia dan berkesinambungan dengan adanya sistem rujukan dari puskesmas kerumah sakit harus sesuai dengan diagnosa, dapat diterima dan wajar Mudah dicapai bagi pasien yang berada di plosok yang jalannya masih rusak membutuh waktu yang lama untuk mencapai Rumah Sakit dokter harus melayani pasien dengan sopan, ramah,Mudah dijangkaupasien dan pengobatannya secara gratis yang membuat pasien selalu ingin menggunjungi rumah sakit,Bermutuperawat memberikan pelayanan yang baik dan bermutu kepada pasien secara merata tanpa ada yang diberlakukan khusus. Dengan berpedoman pada kesimpulan, maka peneliti memberikan saran kepada Perbaiki di masa yang akan datang, sebaiknya pihak rumah sakit umum penyangga perbatasan betun menggunakan rekam medis secara online agar dapat menghemat waktu dalam melihat status pasien sehingga dalam pencarian dan pengambilan rekam medis pasien pun akan lebih mudah.Mengupayakan agar kedatangan dokter tepat waktu sesuai dengan jam praktek sehingga pasien tidak menunggu terlalu lama.Perlunya pengawasan ekstra untuk mencegah perawat yang tidak disiplin atau tidak menjalankan tugas di jam pelayanan.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Kesehatan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:23
Last Modified: 30 Aug 2022 02:23
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item