ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM MENGOPTIMALISASI LAYANAN LOKET PEMBAYARAN PADA METRO SWALAYAN KEFAMENANU

Aek, Marsi Ani (2022) ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM MENGOPTIMALISASI LAYANAN LOKET PEMBAYARAN PADA METRO SWALAYAN KEFAMENANU. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (901kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf

Download (227kB)
[img] Text (Lampran)
LAMPIRAN.pdf

Download (766kB)

Abstract

Marsi Ani Aek (53170018) Analisis Sistem Antrian dalam Mengoptimalisasi Layanan Loket Pembayaran pada Metro Swalayan Kefamenanu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui tingkat rata-rata kedatangan pelanggan dan tingkat rata-rata pelayanan di Metro Swalayan Kefamenanu; (2) Untuk mengoptimalisasi jumlah kasir yang harus disediakan oleh Metro Swalayan Kefamenanu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Studi Kasus dengan menggunakan metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang merupakan hasil pengamatan dan pencatatan langsung dari objek yang diamati, dimana objek tersebut adalah pelanggan yang bertransaksi di kasir atau loket pembayaran pada Metro Swalayan Kefamenanu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa sistem antrian single channel single phase atau jalur tunggal pada Metro Swalayan Kefamenanu cukup sibuk, dimana probabilitas sistem sibuk yaitu 0,65. Akibatnya, rata-rata waktu menunggu dalam antrian adalah 3 menit dan 93 detik, dimana waktu menunggu ini melebihi asumsi standar pelayanan, yaitu 3 menit. Penambahan loket pembayaran menjadi salah satu pilihan yang dapat diambil untuk mengurai tingkat kesibukan antrian pembayaran. Penambahan loket pembayaran berkonsekuensi terhadap peningkatan biaya operasional, yaitu biaya gaji pegawai loket pembayaran, oleh karena itu penambahan loket pembayaran diusahakan seminimal mungkin dengan tetap memperhatikan pemenuhan standar pelayanan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penambahan loket pembayaran menjadi dua loket cukup untuk membuat rata-rata waktu menunggu dalam antrian berkurang menjadi 1 menit dan 2 detik. Hasil ini memenuhi asumsi standar waktu pelayanan, yaitu 3 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem antrian, optimalisasi, loket pembayaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:45
Last Modified: 10 Aug 2022 02:45
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item