KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SMPK GMT ST. GABRIEL WANIBESAK

Taena, Agustina Eviyanri (2022) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SMPK GMT ST. GABRIEL WANIBESAK. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (Abstrak)
HASIL REVISI_BAB 1-BAB III-1-13.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
HASIL REVISI_BAB 1-BAB III-14-16.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB II)
HASIL REVISI_BAB 1-BAB III-17-27.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
HASIL REVISI_BAB 1-BAB III-28-34.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
HASIL REVISI_BAB 1-BAB III-35-45.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
HASIL REVISI_BAB 1-BAB III-46-77.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa terdapat banyak siswa yang masih kurang memahami konsep matematika dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, dengan pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL). Tujuannya untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Grup Design yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPK GMT St. Gabriel Wanibesak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari analisis data diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.004 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran pendekatan CTL dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Bilangan Bulat, Contextual Teaching and Learning
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:06
Last Modified: 08 Aug 2022 06:06
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item View Item