PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BUDAYA LOKAL MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI NOEBESI

Banu, Felicia (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BUDAYA LOKAL MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI NOEBESI. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan ajar berbasis budaya lokal materi Segiempat dan Segitiga untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Noebesi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model Plomp. Untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar berbasis budaya lokal, dilakukan pengumpulan data melalui validasi bahan ajar, observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar dan pengisian angket respon oleh siswa. Hasil analisis data yaitu: a) rata-rata hasil validasi bahan ajar oleh ahli materi sebesar 4,48 (kategori baik) dan validasi oleh ahli media sebesar 3,93 (kategori baik), menunjukkan bahan ajar berbasis budaya lokal memenuhi kriteria kevalidan; b) rata-rata Tingkat Kemampuan Guru mengelolah pembelajaran pada kedua pertemuan sebesar 4,18 (kategori baik), aktivitas siswa efektif sebesar 4,06 (kategori baik), dan dan ratarata total persentase respon siswa sebesar 92,95% (kategori sangat positif) menunjukkan bahan ajar berbasis budaya lokal memenuhi kriteria kepraktisan; c) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 86,95%, menunjukkan bahan ajar berbasis budaya lokal memenuhi kriteria keefektifan. Kesimpulannya, bahan ajar berbasis budaya lokal yang dikembangkan dengan pendekatan etnomatematika ini valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan bahan ajar, Budaya lokal, Meningkatkan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 19 Sep 2024 03:05
Last Modified: 19 Sep 2024 03:05
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item