Klaenoni, Densiana E. (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI TUMBUHAN BAGI SISWA SMAN EBAN. Undergraduate thesis, Universitas Timor.
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstract.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). pengembangan modul Biologi berbasis kearifan Pada Materi Tumbuhan Bagi Siswa SMAN EBAN. 2). Mengetahui keefektifan dan kelayakan modul Biologi berbasis kearifan Pada Materi Tumbuhan Bagi Siswa SMAN EBAN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan/ Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan atau Research and Development adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggungjawabkan. Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi 2 tahap yaitu tahap I tahap studi pendahuluan dan tahap II tahap pengembangan model. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah berupa angket. Tujuan dari penggunaan angket yaitu untuk mengetahui kelayakan dari produk yang dikembangkan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 1 validator ahli perangkat pembelajaran dan 1 validator ahli materi, dan uji coba individu yang terdiri dari 6 orang siswa kelas X SMA NEGERI EBAN dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 20 orang siswa kelas X SMA NEGERI EBAN. Modul pembelajaran Biologi berbasis kearifan lokal yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dengan presentase dari ahli perangkat 92,64% dengan kategori (sangat layak), hasil validasi oleh ahli materi memperoleh presentase 91,07% dengan kategori (sangat layak). Hasil uji coba individu memperoleh presentase 89,93% dengan kategori (sangat praktis). Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 88,54% dengan kategori (sangat praktis). Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa produk modul Biologi berbasis kearifan lokal yang dihasilkan memenuhi kualifikasi valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam menunjang proses belajar mengajar pada materi Tumbuhan dalam proses pembuatan tenuni ikat kelas X SMA NEGERI EBAN.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Biologi Berbasis kearifan Lokal. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi |
Depositing User: | Palmerya Alma Sau |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 00:34 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 00:34 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/1103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |