STRATEGI PEMASARAN DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DALAMMENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Depot Putri Sulawesi 2 Km 6 Sasi Kefamenanu)

Missa, Maria Oktafiana (2022) STRATEGI PEMASARAN DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DALAMMENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Depot Putri Sulawesi 2 Km 6 Sasi Kefamenanu). Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (596kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (196kB)

Abstract

Maria Oktafiana Missa, NPM 41160021 judul Skripsi “Strategi Pemasaran Depot Air Minum Isi Ulang Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Depot Putri Sulawesi 2 Km 6 Kefamenanu)”. Skripsi ini dibimbing oleh Berno B. Mitang, S.E.,M.M dan pembimbing pendamping Yesus A. Korbafo, S.Fil.,M.M, Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah seiring dengan banyaknya depot air minum isi ulang yang berdiri tentu akan menimbulkan persaingan ketat, dengan ketatnya persaingan akan membuat pangsa pasar terbagi dan akibatnya ada depot air minum yang berhenti beroperasi, akan tetapi depot ini tetap beroperasi bahkan penjuanlanya meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemasaran, keunggulan serta hambatan dalam memasarkan produknya. Jenis yang penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan dengan deskriktif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi produk depot air minum Putri Sulawesi 2 mengunakan mesin R.O (Reserve Osmosis) yang memproduksi air yang sehat dan higenis, strategi harga yang ditawarkan sangat terjangkau, promosi yang digunakan adalah tidak hanya dengan door to door juga mengunakan media sosial misalnya facebook, instagram, whatsaap, sedangkan strategi distribusi adalah pelanggan datang langsung ke depot air minum isi ulang Putri Sulawesi 2. Keunggulan dari depot air Minum Isi Ulang Putri Sulawesi 2 ini terletak pada produk air minum R.O (reserve osmosis) yang sudah teruji di laboratorium dan juga sudah mendapatkan sertifikat layak dari dinas terkait. Keunggulan dari segi harga adalah harga pada depot Putri Sulawesi 2 ini sangat terjangkau. Keunggulan promosi adalah memberikan hadiah pada konsumen yang telah memenuhi syarat, dan pada segi distribusi proses pendistribusian produk yang dilakukan yaitu transaksi pembelian ditempat, dengan ini konsumen langsung datang mengisi di tempat dengan sistem cash and carry dalam artian pembeli harus membayar barang yang dibeli terlebih dahulu sebelum mendapatkan barang untuk mendapatkan 1 buah kupon sekali isi. Hambatan dalam memasarkan produk depot air minum isi ulang Putri Sulawesi 2 yaitu, hambatan produk sulitnya memperoleh komponen mesin atau alat operasional apabila terjadi masalah sehingga menggangu proses produksi dan pemasaran. Hambatan dalam menetapkan harga hanya berpedoman pada harga dan tidak menyiapkan jasa layan antar. Pada promosi hambatanya adalah kurangnya proses penyampaian produk dari produsen ke konsumen atau tidak mampu melakukan komunikasi yang baik dalam menawarkan produk. Distribusi hambatannya adalah tidak adanya alat operasional dalam mendistribusikan produk dan juga karyawan tetap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran dan Usaha Depot Air Minum Isi Ulang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 27 Mar 2024 00:20
Last Modified: 27 Mar 2024 00:20
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item