PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI KOTA BARU KEFAMENANU

Loasana, Densi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI KOTA BARU KEFAMENANU. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di SMP Negeri Kota Baru Kefamenanu. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian semua siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Baru yang berjumlah 40 siswa dan sampel yang dari kelas VIII A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik Random Acak.. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Penelitian ini dilakukan di SMPN Kota Baru pada semester genap pada tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda (PG). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai pretest siswa pada kelas eksperimen adalah 44,50 dan posttestnya 79,25 sedangkan rata-rata nilai pretest siswa pada kelas kontrol adalah 39,50 dan posttestnya 68,50. Dan Berdasarkan hasil hipotesis pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas Kontrol dengan uji t bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 karena nilai Sig.(2-tailed) = 0,000<0,05 maka demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa SMP Kota Baru kelas VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran predict-observe-explain (POE), terhadap hasil belajar siswa, pada materi sistem pencernaan manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi
Depositing User: Oktaviana S Lelang
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:05
Last Modified: 21 Feb 2024 04:05
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item