STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK KEPALA DESA DALAM PENERAPAN PERATURAN DESA (PERDES) NO. 2 TAHUN 2020 TENTANG PEMBENTUKAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA (Studi Kasus Desa Oekmurak Kecamatan Rinhat Kabupaten Malaka)

Asa, Antonius (2023) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK KEPALA DESA DALAM PENERAPAN PERATURAN DESA (PERDES) NO. 2 TAHUN 2020 TENTANG PEMBENTUKAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA (Studi Kasus Desa Oekmurak Kecamatan Rinhat Kabupaten Malaka). Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (533kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (412kB)

Abstract

Antonius Asa NPM 21180103, Strategi Komunikasi politik Kepala Desa Dalam Penerapan Peraturan Desa (Perdes) No. 2 Tahun 2020 tentang Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Desa, Dengan pembimbing utama Dian Festianto, S.Ip.,MA dan pembimbing II Handrianus V. M Wula, S, Kom.,M.Si. Tujuan dalam penelitian ini: Untuk menganalisis dan mendeskripsikan komunikasi politik yang digunakan oleh Kepala Desa dalam pemelihan Kepala Desa Oekmurak. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif yaitu jenis penelitian yang berusaha memaparkan dan menggambarkan (mendeskripsikan) mengenai Strategi Komunikasi Politik Kepala Desa Dalam Penerapan Peraturan (Perdes) No. 2 Tahun 2020. Fokus penelitian ini adalah Strategi Komunikasi Politik Kepala Desa Dalam Penerapan Peraturan (Perdes) No. 2 Tahun 2020. Dengan sub fokus penelitian dari variabel-variabel penelitian ini sebagai berikut: Saluran atau Media poitik, Sasaran atau Target Politik, Pengaruh atau Efek Komunikasi Politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan media atau saluran di desa Wekmurak oleh kendidat Damianus Ranu Itu dilakukan dengan cara proses komunikasi interpersonal yaitu dengan mengunjungi satu-satu individu secara langsung dengan tujuan menyampaikan pesan untuk memperkenalkan dari aktor politik. Pendekatan indikator targeting dalam pemasaran politik yang dilakukan oleh kandidat Damianus Ranu dapat kita lihat bahwa upaya targeting yaitu targeting terhadap pengguna media sosial. Upaya tagreting termasuk didalamnya yaitu mengharapkan agar calon pemilih yang aktif dimedia sosial terutama pemilih pemula yang belum dapat menjatuhkan pilihan politiknya agar dapat menyukai bahkan mengidolakan salah seorang calon Kepala desa Wekmurak. Kandidat Damianus Ranu bersama relawan harus mengevaluasi dan menjadikan perbandingan saran-saran yang di dapat dari masyarakat yang pro atau pun yang kontra. dan Masukan-masukan yang di sampaikan masyarakat kepada mereka akan membuat mereka dan tim pemenangan nya extra lebih bekerja keras untuk merancang/menyusun strategi untuk memenangkan pemilihan kepala desa wekmurak dengan baik dan aman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Politik, Kepala Desa
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Oktaviana S Lelang
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:52
Last Modified: 21 Feb 2024 03:52
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item