PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

LIWU, EFONIUS PITER (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Timor.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Kejuruan INTISARI Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa dalam membelajarkan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D, meliputi define, design, develop, dessiminate. Namun pada penelitian ini peneliti hanya melakukan penelitian sampai pada tahap develop. Untuk mengetahui kevalidan LKS yang dikembangkan dilakukan uji validitas oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media, dan uji kepraktisan yang dilakukan oleh 10 orang siswa SMKS Katolik Kefamenanu dan satu orang guru matematika. Hasil validitas oleh ahli materi dan ahli media diperoleh persentase 93,85% dan 92,64% dengan kategori sangat valid. Selain itu hasil uji kepraktisan terhadap 10 orang siswa dan satu orang guru mata pelajaran matematika diperoleh persentase 94,22% dan 93,33% dengan kategori sangat praktis. Karena itu, dapat disimpulkan bahwa karakteristik dari LKS ini disesuaikan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk memfasilitasi kemampuan memecahkan masalah, dan dinyatakan sangat valid dan praktis digunakan. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendidikan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa  ABSTRACT This study was conducted with the aim of describing the validity and practicality of student worksheets based on Realistic Mathematics Education approach to facilitate students' problem-solving ability in learning material on the system of two-variable linear equations. This research uses the Research and Development method. The development model used is a 4D model, including define, design, develop, dessiminate. However, in this study, researchers only conducted research to the stage of developing. To find out the validity of the developed, a validity test was carried out by 2 material experts and 2 media experts and a practicality test conducted by 10 students of Kefamenanu Catholic Vocational School and one subject teacher. The validity results of material experts and media experts obtained a percentage of 93.85% and 92.64% with very valid categories. Meanwhile, the practicality results of 10 students and one subject teacher obtained a percentage of 94.22% and 93.33% with a very practical category. Based on the results of the study, it can be concluded that the characteristic of this LKS is a development adapted to the Realistic Mathematics Education approach in which student activities in the learning process are directed to solving problems that are very valid and practical to use. Keywords: Student Work Sheet, Mathematich Realistic Education, Problem Solving

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Pendidikan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Mr Efonius Piter Liwu
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:03
Last Modified: 12 Jul 2023 01:03
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item