PENEGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN

Liu, Efonius Piter (2023) PENEGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan PendidikanMatematika Realistik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Kejuruan INTISARIPenelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kevalidandan kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistikuntuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa dalam membelajarkanmateri Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakanmetodeResearch and Development. Model pengembangan yang digunakan adalahmodel 4D, meliputi define, design, develop, dessiminate.Namun pada penelitian inipeneliti hanya melakukan penelitian sampai pada tahapdevelop. Untuk mengetahuikevalidanLKS yang dikembangkan dilakukan uji validitas oleh 2 orang ahli materidan 2 orang ahli media, dan uji kepraktisan yang dilakukan oleh 10 orang siswaSMKS Katolik Kefamenanu dan satu orang gurumatematika. Hasil validitas olehahli materi dan ahli media diperoleh persentase93,85% dan 92,64% dengan kategorisangat valid. Selain ituhasil uji kepraktisan terhadap 10 orang siswa dan satu orangguru mata pelajaran matematika diperoleh persentase 94,22% dan 93,33% dengankategori sangat praktis. Karena itu, dapat disimpulkan bahwa karakteristik dari LKSini disesuaikan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untukmemfasilitasi kemampuan memecahkan masalah, dan dinyatakan sangat valid danpraktis digunakan. Kata Kunci:Lembar KerjaSiswa,Pendidikan Matematika Realistik, KemampuanPemecahan Masalah Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Pendidikan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Mr Ardi Elondaris Leokuna
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:46
Last Modified: 28 Feb 2023 03:46
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item