ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS TIMOR DALAM MENYELESAIKAN SOAL GRUP

Ellu, Reliyanti Natalia (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS TIMOR DALAM MENYELESAIKAN SOAL GRUP. Undergraduate thesis, Univrsitas Timor.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (923kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (456kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf

Download (208kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Struktur aljabar atau aljabar abstrak merupakan mata kuliah yang sulit untuk dipelajari disebabkan karena konsep-konsep dalam aljabar sangat abstrak, banyak contoh-contoh yang berkenaan dengan konsep, dan tidak dikenal baik oleh mahasiswa. Hal tersebut menyebabkan mahasiswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal, mahasiswa juga belum mampu menghubungkan konsep materi grup dengan konsep materi yang lain. Faktor utama penyebab masalah tersebut dikarenakan mahasiswa belum menggunakan penalarannya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal grup. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 15 orang mahasiswa, selanjutnya dipilih 3 orang mahasiswa yang mewakili mahasiswa berkemampuan penalaran tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang dipakai berupa soal tes dan data hasil wawancara. Data yang diperoleh diambil dari lembar tes kemampuan penalaran dalam menyelesaikan soal grup dan wawancara. Dari hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa yang berkemampuan tinggi dinyatakan mampu bernalar pada seluruh tahap kemampuan penalaran matematis yaitu tahap analize, generalize, shyntesize dan justify, mahasiswa yang berkemampuan sedang dinyatakan mampu bernalar pada tahap analize dan generalize, sedangkan mahasiswa yang berkemampuan rendah hanya mampu bernalar pada tahap analize.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kemampuan Penalaran, Soal Grup.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Mr Engelbertus De Yesus Taus
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:19
Last Modified: 09 Sep 2022 01:19
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item